Kamis, 29 Agustus 2013

ATAS PERHATIANNYA, KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH


Familiar dengan kalimat yang saya pakai buat judul? Ya, biasanya kita menemukan kalimat seperti itu di penutup surat.

Salah gak sih kalo kita pake kalimat itu?

Yap! Yang membuat kalimat itu jadi enggak ganteng adalah hadirnya ‘-nya’. Mengapa si ‘-nya’ di sana bisa bikin kalimat itu jadi enggak bagus?

Untuk menjawabnya, kita singgung sebentar tentang ‘-nya’ dalam bahasa Indonesia.

‘-nya’ dalam bahasa Indonesia memiliki dua bentuk. Pertama sebagai imbuhan, kedua sebagai klitika. Sebagai imbuhan, -nya muncul seperti pada kata meningkatnya. ‘-nya’ pada kalimat itu adalah imbuhan. Coba cari contoh kata lain yang sejenis dengan itu! << males ngasih contoh yang lain. Hehehee.. 

Yang kedua, ‘-nya’ dapat berupa klitika. ‘-nya’ klitika bisa dengan mudah kita bedakan dengan ‘-nya’ sebagai imbuhan dengan cara mengganti ‘-nya’ itu dengan kata dia. Jika bisa, ‘-nya’ tersebut adalah klitika.

Bukunya = buku dia
Rumahnya = rumah dia

Sedikit catatan, -nya sebagai klitika umumnya menyatakan kata ganti milik (seperti dua contoh kata di atas) dan menyatakan pelaku, seperti pada kata dibacanya.

Nah! ‘-nya’ pada atas kehadirannya termasuk apa? Imbuhan atau klitika? Tentu -nya pada kalimat judul di atas adalah klitika. Inilah yang menyebabkan kalimat itu menjadi tidak ganteng. Karena -nya adalah klitika dari “dia”, berarti orang yang menulis penutup surat dengan kalimat Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih mengucapkan terima kasih pada siapa? Pembaca surat itu? kalau emang ucapan terima kasih itu ditujukan untuk pembaca surat, harusnya dia menggunakan kata ganti orang kedua, bukan “dia”. Jadi, alangkah lebih baik jika kita mengubah kalimat itu menjadi Atas perhatian Anda, kami ucapkan terima kasih atau yang lebih cantik Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Karena alasan yang sama juga, ada baiknya kita enggak usah sebut nama kita jika ada orang yang ngajak kenalan dengan kita dan dia menanyakan nama kita dengan kalimat Namanya siapa? Kalimat itu bukan nanya nama kita, tapi nama “dia”, entah siapa. :D

Demikian sedikit bacaan dari saya. Semoga bermanfaat.

Salam tampan!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar